Rabu, 25 November 2009

tugas macromedia flash (TIK vonny document)

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Software untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di Internet. Misalnya, untuk membuat situs, banner iklan, logo yang beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya.

Flash dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama SmartSketch. SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand. Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. FutureWave sangat tertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuat animasi. Namun FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM. Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi. Kemudian SmartSketc dimodifikasi sehingga mampu menghasilkan animasi dengan menggunakan pemrograman Java sebagai player-nya. Namanya juga sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator. Walaupun dengan ide yang cukup revolusioner, FutureSplash sulit populer. Oleh karena itu FutureWave mendekati Adobe. Namun karena demo FutureSplash yang kurang memuaskan dengan lambatnya animasi, Adobe menolak memproduksi FutureSplash. Baru pada November 1996, Macromedia mendekati FutureWave untuk bekerja sama. FutureWave menyetujui tawaran Macromedia. Kemudian FutureSplash Animator diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0.

A. Elemen Dasar Area Macromedia flash 8

Macromedia flash professional 8 adalah sebuah program grafis animasi standar professional untuk menghasilkan produk-produk multimedia seperti Courseware, Multimedia Presentation, Website, Computer Game dan Animation. Program ini mampu menghasilkan animasi yang demikian canggih, sehingga sebagian besar aplikasi tutorial yang interaktif, game, presentasi, dan lain-lain dibuat dengan program ini. Flash professional 8 merupakan pengembangan dan penyempunaan dari versi sebelumnya (Flash 5, Flash 6/MX, Flash MX professional 2004)

Langkah-langkah menjalankan program Macromedia flash professional 8 :

1. Klik tombol Start yang terdapat pada taksbar.

2. Kemudian pilih menu All Programs,

3. Klik Macromedia

4. Terakhir pilih dan klik program aplikasi Macromedia flash 8.

5. Tunggu sampai jendela Macromedia flash 8 ditampilkan

Selain langkah menjalankan program Macromedia flash 8 diatas, dapat pula dilakukan dengan cara mengklik 2 kali shortcut (huruf F) (jalan pintas) di desktop.


Elemen dasar Macromedia flash 8 terdiri dari lima area kerja, yaitu: Menu, Toolbox, Timeline, Stage, Property dan Panels. Deskripsi dan fungsi masing-masing area adalah sebagai berikut:

· 1. Menu berisi kontrol untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, dan menyimpan file, dan lain-lain.

· 2. Toolbox berisi koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan timeline. Toolbox dibagi (lagi) menjadi empat bagian, yaitu Tools, View, Colors, dan Options. Beberapatool mempunyai bagian option. Contohnya ketika Arrow tool dipilih, options snap, smouth, straighten,rotate, dan scale akan muncul.

· 3. Timeline adalah tempat membuat dan mengontrol objek dan animasi.

· 4. Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat membuat objek atau animasi yang akan dimainkan.

· 5. Property berisi informasi yang digunakan untuk menentukan ciri-ciri sesuatu objek atau movie yang akan kita hasilkan.

· 6. Panels berisi kontrol fungsi yang dipakai untuk mengganti dan memodifikasi berbagai properti objek atau animasi secara cepat dan mudah.


1. Menu bar

Menu Bar merupakan baris menu yang berisi perintah berupa menu-menu yang aktif dimulai dari menu Filesampai dengan Help. Masing-masing menu mempunyai submenu atau perintah


2. Tools Box

Tools Box merupakan kumpulan tool-tool yang berisi alat-alat yang digunakan untuk menggambar objek padastage, terdiri atas Tools, Colors, View, dan Option.


3. Timeline

Timeline digunakan untuk menyusun semua objek yang akan digunakan di dalam produk animasi atau multimedia dengan mengikuti layer tertentu dan juga menentukan perlakuannya, mengikut pergerakan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar